PENDEKATAN SAINTIFIK

Pengertian Pendekatan Saintifik

Pembelajaran dengan pendekatan saintifik adalah proses pembelajaran yang dirancang sedemikian rupa agar peserta didik secara aktif mengkonstruk konsep, hukum atau prinsip melalui tahapan-tahapan mengamati (untuk mengidentifikasi atau menemukan masalah), merumuskan masalah, mengajukan atau merumuskan hipotesis, mengumpulkan data dengan berbagai teknik, menganalisis data, menarik kesimpulan dan mengkomunikasikan konsep, hukum atau prinsip yang “ditemukan” (Kurinasih, 2014:29) . Pendekatan saintifik dimaksudkan memberikan pemahaman kepada peserta didik dalam mengenal, memahami berbagai materi menggunakan pendekatan ilmiah, bahwa informasi bisa berasal dari mana saja, kapan saja, tidak bergantung pada infromasi searah guru. Oleh karena itu kondisi pembelajaran yang diharapkan tercipta diarahkan untuk mendorong peserta didik dalam mencari tahu dari berbagai sumber melalui observasi dan bukan hanya diberi tahu.

 Karakteristik Pendekatan Saintifik

Dalam Kurinasih (2014)  disebut pembelajaran dengan pendekatan saintifik memilik karakteristik sebagai berikut.
  1. berpusat pada siswa;
  2. melibatkan keterampilan proses sains dalam mengkonstruksi konsep, hukum, dan prinsip;
  3. melibatkan proses-prose kognitif yang potensial dalam merangsang perkembangan intelek, khususnya keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa;
  4. dapat mengembangkan karakter siswa.

Tujuan Pembelajaran dengan Pendekatan Saintifik

Tujuan pembelajaran dengan pendekatan saintifik didsarkan pada keunggulan pendekatan tersebut. Beberapa tujuan pembelajaran dengan pendekatan saintifik adalah sebagai berikut.
  1. Untuk meningkatkan kemampuan intelek, khususnya kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa;
  2. Untuk membentuk kemampuan siswa dalam menyelesaikan suatu masalah secara sistematik;
  3. Terciptanya kondisi pembelajaran dimana siswa merasa bahwa belajar itu merupakan suatu kebutuhan;
  4. Diperolehnya hasil belajar yang tinggi;
  5. Untuk melatih siswa dalam mengkomunikasikan ide-ide khususnya dalam menulis artikel ilmiah;
  6. Untuk mengembangkan karakter siswa.

Prinsip-Prinsip Pendekatan Saintifik

Beberapa prinsip pendekatan saintifik dalam kegiatan pembelajaran adalah sebagai berikut.
  1. Pembelajaran berpusat pada siswa;
  2. Pembelajaran membentuk student”s self concept;
  3. Pembelajaran terhindar dari verbalisme;
  4. Pembelajaran memberikan kesempatan pada siswa untuk mengasimilasi dan mengakomodasikan konsep, hukum, dan prisip;
  5. Pembelajaran mendorong terjadinya peningkatan kemampuan berpikir siswa;
  6. Pembelajaran meningkatkan motivasi belajar siswa dan motivasi mengajar guru;
  7. Memberikan kesempatan kepada siswa untuk melatih kemampuan dalam komunikasi;
  8. Adanya proses validasi terhadap konsep, hukum, dan prinsip yang dikonstruksi siswa dalam struktur kognItifnya.

Semoga Bermanfaat!!
Diambil dari :
Kurinasih, Imas. 2014. Sukses Mengimplementasikan Kurikulum 2013

Komentar

Postingan populer dari blog ini

KLASIFIKASI, KELEBIHAN DAN KEKURANGAN MEDIA PEMBELAJARAN

STRATEGI PEMBELAJARAN INDUKTIF DAN DEDUKTIF

LAPORAN PRAKTIKUM JEMBATAN AC